Ke Gunung Munara Sesion Dua

    Rumpin Bogor, 28 Agustus 2016

    Minggu siang dan  jika mengacu pada hari jawa saat itu bertepatan dengan hari kliwon saya dan beberapa pecinta mbolang pergi mendaki bersama kesalah satu puncak tebing tepatnya di daerah rumpin Bogor Jawa Barat. Pendakian saya kali ini merupakan pendakian yang kedua setelah beberapa waktu yang lalu melakukan pendakian ditempat yang sama yaitu di gunung munara. Bedanya pendakian pertama saya lakukan sendirian dan pendakian kedua ini dilakukan beramai ramai dengan jumlah personil 14 orang.
Ke 14 teman ini berasal dari Tiga wilayah, Yaitu Tangerang, Tangerang selatan dan Jakarta Barat.
pada tulisan kali ini saya tidak akan membahas tentang gunung munara nya, karena sudah dibahas di postingan sebelumnya ( Klik di SINI ),  tapi hanya akan berbagi foto dan ceritanya saja.
 
   Tepat jam 12.00 siang ketika terik  matahari pada puncaknya  kami sampai dilokasi parkir, itu artinya kami akan mendaki pada waktu panas sekali, Itu yang ada pada benak teman teman yang lain karena belum pernah kesini, padahal sebenarnya banyak pepohonan, jadi walaupun tengah hari suasana tetap adem sidem gerr.
Setelah parkir kami menuju warung untuk membeli bekal minuman jajan dan lain lain, nah ketika sedang jajan ternyata mas Aris Dianto dari Tangerang selatan nyusul dan akhirnya  bergabung untuk mendaki bersama.
Bismillah, pendakian dimulai dengan wajah wajah sok kuat karena notabene asal kami juga dari nggunung  jadi tidak kaget jika hanya sekedar naik naik ke puncak gunung. Tapi karena memang sudah lama tidak pernah jalan naik turun gunung, maka belum sampai di pos satu saja sudah berhenti dah ngap ngap an hihi.
Celotehan celotehan lucu keluar dari mulut kami mengiringi semakin terdengar kerasnya suara napas ngos ngosan beserta keringat yang membasahi baju.

    Selangkah demi selangkah akhirnya sampailah kami di puncak walau ternyata memakan waktu kurang lebih satu jam an.
sekitar satu jam lebih kami berada di puncak munara menikmati pemandangan alam sekitar dari puncak gunung.
Tiba tiba setetes air menetes di lengan, itu artinya sebentar lagi akan hujan, dan artinya lagi jika hujan maka prosesi turun gunung akan menjadi lebih extreme karena jalanan menjadi sangat licin.
Ah benar saja pas turunnya beberapa personil mengalami insiden kepleset, walhasil celana jadi penuh lumpur.  belum lagi sepatu Mbak Imeey yang sampai jebol, akhirnya di buang ditengah jalan dan nyeker sampai di parkiran hihi.

Dibawah gunung munara tepatnya didekat parkiran, ada aliran sungai yang oleh masyarakat sekitar digunakan untuk Nyuci dan renang anak anak, dan disitu jugalah kami membersihkan lumpur lumpur yang menempel di sepatu dan baju.
Sesaat setelah bebersih melihat  jam sudah pukul 17.20 ternyata, maka dari itu kami harus segera menyudahi acara mbolang kali ini dan menuju acara gelang sepatu gelang.
Mari pulang marilah pulang marilah pulang bersama samaaa.

Thannk To :
Bro Ichwan Jakbar
Sist Endah Puspitasari Jakbar

Bro Arisdianto dan Putranya Tagsel

Bro Buday, Karto Toying, Mas jay, Erdha, Bambang
Sist Lastryandriani, Dian,Dini,Imeey


Dan inilah cekrak cekrek ala kadarnya


Share:

Landscape Dari Puncak Karang Bolong

Karang bolong itu apa dan dimana gan ? 

Melihat dari namanya saja sudah terbngkan ada sebuah karang yang berlubang. Bolong adalah kata dalam bahasa jawa yang artinya berlubang. Sekarang timbul pertanyaan, bolongnya di sebelah mana dan kenapa bisa bolong gan ? 
Panjang ceritanya begini,

    Suatu hari tepatnya pada hari Rabu pahing Tanggal 10 Agustus 2016 tepat H-10 jelang peringatan hari kemerdekaan indonesia yang ke 71, seorang pria keturunan jawa yang memiliki nama Gondho Edy  melakukan perjalanan dari tempat tinggalnya diTangerang menuju ke tempat wisata pantai didaerah anyer banten. Dan seorang pria keturunan jawa berdarah merah tersebut akan menceritakan satu tempat yang dikunjunnginya, yaitu karaaaaang boloooooong.. jreeeenggggg ( Musik serem ).  *** Kesuwen ***
CEKIDOT... 

Yap, Karang bolong adalah nama sebuah pantai yang berada diwilayah anyer banten. Nama karang bolong diambil dari tempatnya yang didalam lokasi tetsebut didapati sebuah karang yang bolong. 
Ada beberapa versi yang mengatakan tentang sejarah terbentuknya karang bolong ini.                       Versi peneliti Arkeolog mengatakan bahwa karang yang berlubang besar diakibatkan dari pengikisan ombak dari waktu ke waktu. Ada juga yang mengatakan dari efek letusan gunung krakatau, mengingat lokasinya yang berada di sekitar gunung krakatau.  
     Kedua versi legenda masyarakat karang bolong disejarahkan bahwa karang bolong terbentuk dari sebuah prosesi jebakan kepada juragan subali. 
Juragan subali adalah seorang juragan kaya raya tetapi memiliki sikap dan watak jahat. 
 Subali memiliki jimat berupa gelang raksasa yang berfungsi membuat dirinya awet muda sepanjang hidupnya. Jimat tersebut didapatnya dengan mencuri dari kamar teman seperguruannya. 
suatu hari ada warga yang tidak bisa membayar hutang kepada juragan subali dan untuk menebus hutang tersebut maka anak perempuan nya harus mau menikah dengan subali.  Dalam ceritanya anak perempuan yang bernama arum itu menolak jika harus menikah dengan subali. Tetapi karena harus menebus semua hutang orang tuanya maka arum mau tidak mau harus menuruti kemauan subali dengan menikah dengan juragan trrsebut. Ada satu syarat yang dipinta oleh arum, yaitu dengan melobangi karang besar. Syarat inipun sebenarnya dirasa tidak mungkin bisa tercapai karena besarnya karang yang ada dipantai itu. Tetapi subali bisa melakukan persyaratan nya dengan melobangi karang raksasa dan tidak lama lagi subali bisa menikahi arum. 
    cerita tentang rencana pernikahan subali dengan arum ini didengar oleh teman subali yang gelangnya dicuri dulu.  Dia merasa prihatin dengan nasib arum karena tidak menghendaki pernikahan ini.  Dengan segala cara maka dia harus mendapatkan kembali jimat gelang raksasa tersebut untuk menggagalkan pernikahan subali dengan arum, dan  Sampai akhirnya diapun mendapatkan kembali. 
Gelang raksasa ini berfungsi nenjadikan awet muda jika tiap purnama subali melewati  gelang tersebut. 
Setelah teman subali mendapatkan gelang tersebut maka dia membuat sebuah jebakan dengan memasang tepat dilobang karang yang dibuat oleh subali. 
Sebelum prosesi pernikahan berlangsung arum mengajak subali untuk jalan di lobang karang yang dibuat subali. Ketika keduanya melewati karang berlubang trrsebut jreeeeeeennggg wajah dan tubuh subali berubah menjadi sangat tua sesuai umur aslinya. Dan terjadilah bla bla bla sehingga pernikahan tidak jadi dilaksanakan. Subali hilang ilmu dan wajahnya yang muda nenjadi tua. 
Tempat karang berlubang inilah yang akhirya oleh arum dinamakan karang bolong sebagai pengingat bahwa sudah terjadi sebuah lelakon asal adanya karang yang berlubang. 

Haha, versi legendanya ane nyeritain film di tipi gan, ga papa kan wkwkwkkw.  Hal terpenting saat ini adalah kita bisa menikmati indahnya tempat itu sebagai tempat wisata alam yang merupakan kekayaan alam indonesia. 
seperti apa sih penampakan karang bolong dan sekitarnya ? Nih  gan sedikit cekrak cekrek ala kadarnya : 

Nih karang bolongnya gan
Share:

Puncak Batu Gunung Munara

Profil gunung  munara.

    Gunung munara merupakan situs pendakian yang bisa dibilang cukup aman untuk pemula karena medan dan tripnya  masih mudah dijangkau. Tetapi walaupun mudah menurut hemat penulis,  namun jangan sesekali anda meremehkan alam dengan celetukan celetukan yang tidak perlu, misal "ah cuma segini, atau gini aja mah kecil" Tidak usah ada kata kata itu ya, ingat.
    Gunung munara memiliki medan trip yang gampang dilewati ketika musim panas, tetapi jika musim hujan jalanan yang kebanyakan tanah merah ini akan sedikit menguras tenaga karena sangat licin.  ketinggian gunung munara menurut tulisan yang tertera dipuncak munara adalah 1119 MD PL dan memiliki puncak tertinggi berupa batu menjulang dan bertebing.
Dari puncak munara anda bisa menikmati pemandangan indah berupa hamparan perkampungan yang dijelilingi perbukitan, persawahan.


Puncak Munara

Share:

Menguak dibalik akun Facebook Vhia Valenvhi penghina orang jawa

    Beberapa jam setelah akun facebook  atas nama vhia valenvhi yang membuat status  menghina orang jawa  dibagikan oleh banyak nitizen itu beredar luas kontan saja membuat geram kalangan nitizen karena statusnya sangat tidak pantas.





Share:

Tebing Batu Gunung besek

    Mau bilang My Trip My Adventure tapi kok  muka seperti saya  kurang  pantas, jadi di ganti saja " PEMIRSA MASIH BERSAMA GONDHO DI LAKUKU DOLANKU"
Lakuku dolanku kali ini mengunjungi satu tempat dimana  tidak boleh dikunjungi oleh orang yang mempunyai phobia ketinggian. Kenapa bisa begitu bro, yap karena tempat ini merupakan tebing batu yang mempunyai ketinggian sangat tinggi ( Belum ngukur sih, jadi ga ketahuan angkanya hehe ).

    Kalau di bandung jawa barat ada salah satu tebing yang menjadi andalan wisata kota bandung yaitu tebing keraton yang terletak di bandung timur dengan view pemandangan jika kita berada di puncak tebing adalah deretan perbukitan dan alam kota yang dibawahnya ( katanya orang yang nulis di blog mereka begitu, wong saya juga baru mimpi pingin pergi kesana,  sekalian minta doa nya ni dari pembaca mudah mudahan saya bisa pergi kesana, hehe ).
Nah jika di Bandung ada tebing keraton, Maka di Jawa Tengah tepatnya di desa bugelan kecamatan kismantoro Kabupaten Wonogiri, ada tempat yang jika dikembangkan bisa menjadi tempat wisata alam berupa tebing batu yang dikenal dengan nama Tebing batu gunung besek.



Share:

Kawah Putih Ciwidey Bandung

    Sudah lama mendengar adanya kawah putih yang berada di Ciwidey Bandung dan sudah sangat lama juga penasaran dengan alam ciptaan Tuhan yang sangat indah ini. rjalanan menuju kesana terealisasi juga pada 10 April 2016 bersama pasukan Horok atau pasukan Orsonnya Tangerang. 

    Perjalanan dan siap siap dimulai dari kota tempat ane mencari uang sekedar buat beli nasi dan sisanya buat beli Freeport haha. 
Iyap Perjalanan dimulai dari Tangerang barat sekitar jam 01.00 Dini hari mirip mirip kek orang mau bangunin sahur dah waktunya. Pukul satu malam kami menunggu bus yang seyogyanya mau membawa angan anganku selama ini tercapai bersama pasukan horok lainnya, Sebut saja sist Nur ( artinya sih cahaya ) Tp perasaan ga ada cahaya cahayanya sama sekali deh, kelebihan dosa mungkin, Ha ha. Selain sist Nur ada jg gan arif RT beserta anak istri dan wo karto djegoel  yang ikut juga nungguin ditikum pertama.
Setelah kurang lebih menunggu Lima menit lewat ( lewatnya lebih banyak sih )  akhirnya bis yang di tunggu tiba. Tolelet tolelet sapa dia ke kami.
Telah berada di dalam bis tersebut Eyang kencono beserta istrinya,....Kencono artinya Emas kan, Tapi ga pake emas deh beliau, malah pake kumis baplang hihi. 
Rute selanjutnya adalah menuju Tikum keseluruhan pasukan Horok Pacitan yang berada di Palem Semi Karawaci.
Ditikum sudah menunggu para wajah wajah pucat yang ternyata disebabkan kurang piknik, hehe. Persiapan , Absen, Dan lain lain, Doa, Jam 02.00  Berangkat.  

     Sampai dikota bandung sekitar jam 05.00 dan masih sekitar satu setengah jam lagi sampai di wilayah Ciwidey bandung selatan. Tepat jam 06.40 Kami sampai di lokasi dan segera merapatlah diparkiran. Sebelum menuju ke lokasi kami melakukan ritual dulu berupa sarapan pagi yang sudah disiapkan.

Setelah sarapan ada sedikit keceriaan terpancar.
oww ternyata pada kelaperan gan. Pantas pucet :D


Share:

Merasakan Panasnya Air Belerang Ciseeng

Ciseeng, Bogor.
    Ciseeng merupakan salah satu wilayah di kecamatan Parung Kabupaten Bogor. Salah satu ikon yang terkenal dari desa Ciseeng adalah dimana terdapat gunung kapur yang menghasilkan air panas belerang. Dari sumber air panas inilah akhirnya lokasi ini dikelola menjadi tempat wisata yang mempunyai daya serap tinggi.  Setidaknya ada dua tempat yang dikelola menjadi tempat liburan yang mengasyikan bagi keluarga. Selain warga bogor sendiri,  pengunjung juga banyak yang datang dari luar kota. Saya sendiri dari pacitan, Nah jauh kan ? Hehe.

    Dua tempat yang dikelola ini sama sama menyuguhkan menu utama yaitu pemandian air panas belerang.

PERTAMA- Wisata air panas Tirta Sanita. 
 
  Tirta sanita merupakan lokasi wisata yang menyajikan pemandangan alami perbukitan gunung kapur dan dilengkapi fasilitas outbond seperti Flying Fox yang berada pada ujung tali lintasan dan melewati jaring.
Jika anda ingin mengetest andrenaline jantung anda silahkan menyiapkan uang Rp30.000 untuk permainan outbond ini.  Pas kemarin mau nyoba dah tutup dah, . Batas jam pendaftaran hanya sampai jam 16.00 waktu indonesia bagian ciseeng.

Share:

Telaga Biru Tangerang Bisa Berubah Warna

  
Cisoka Tangerang.
Telaga Biru adalah telaga yang terdapat di kampung Cigaru, Desa Cisoka Kecamatan Cisoka Kabupaten Tangerang. Telaga Biru merupakan telaga yang terbentuk karena faktor buatan manusia berupa penggalian pasir yang terjadi pada kurun waktu 2006-2012 an sehingga mencapai kedalaman yang sudah tidak produktif.  Karena sudah terlalu dalam maka penggalian pasir dihentikan dan lama kelamaan digenangi air yang berasal dari mata air dari telaga setempat.
Itu awal mula terbentuknya Telaga biru yang terdapat dibagian barat kabupaten Tangerang ini.
    Belakangan Telaga ini menjadi perhatian banyak kalangan karena keunikan yang terjadi pada telaga biru. Ribuan pengunjung mendatangi tempat ini sekitar akhir tahun 2015 an yang lalu.

Share:

Find Us On Facebook

Test Footer 2

Popular Posts